Diskusi Strategi Keberlanjutan Program TB

Yamali TB, TB Care Aisyiyah dan Lazismu jajaki kerjasama tiga pihak.


Makassar- Pembiayaan Tuberkulosis yang tidak tercover oleh program TB Global Fund menjadi perhatian TB Care Aisyiyah Sulsel ke depan. Hal ini mengemuka dalam diskusi daring yang adakan Yayasan Masyarakat Peduli (Yamali) TB Sulsel kerjasama TB Care Aisyiyah Lazismu Sulawesi Selatan, Senin (22/12) lalu.

Seperti diketahui, program kemitraan TB Care Aisyiyah dan Global Fund telah berakhir tahun 2020 ini. "Meski secara program dengan GF telah berakhir, tetapi komitmen Aisyiyah untuk upaya penaggulangan TB akan tetap berlanjut. Di bawah koordinasi Majelis Kesehatan kita akan tetap selalu berupaya untuk itu," tutur Junaeda Rasyad, Ketua Majelis Kesehatan PW Aisyiyah Sulsel.

Koordinator TB Care Sulsel, Wahriyadi menjelaskan bahwa untuk keberlanjutan program TB Care Aisyiyah sejauh ini telah menjajaki kerjasama dengan Lazismu sebagai lembaga filantrofi. "Ini telah dilakukan di tingkat pusat, dan kita juga telah menjajaki di tingkat wilayah."

"Strateginya ke depan adalah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak terkait, baik secara program maupun pembiayaan. Salah satu fokusnya ya mengusahakan bantuan kepada pasien TB dan kelaurga khususnya mengenai apa yang tidak tercover program selama ini," jelasnya.

Manager area Lazismu Sulsel, Ahmad Hunain menguraikan tentang potensi dana filantrofi untuk program TB. Menurutnya, program TB selama masuk sebagai salah satu pilar yang menjadi sasaran lembaga zakat termasuk Lazismu. "Kita ada pilar kesehatan, selama ini selalu diarahkan untuk program stunting dan covid-19. Ke depan kiranya program TB juga harus menjadi sasaran apalagi kita tahu bersama bahwa TB ini sudah lama dan memang sangat memprihatinkan," jelasnya.

Ahmad menyampaikan, yang perlu ditindaklanjuti adalah kerjasama secara resmi. "Kerjasama tiga unsur ini sudah perlu dimulai," pungkasnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KMP TB Kecamatan Kahu Bone Inisiasi Desa Bebas TBC

Open Recruitment Program Staff and Finance Adminsitration Staff SSR

Rakorwil Yamali TB 2022; Siap Sisir Kutu Kasus Baru, Wujudkan Eliminasi TBC di Sulsel